SENI RUPA

 Apabila kita berbicara tentang Seni Rupa, pastilah timbul pertannyaan apakah seni rupa berdiri sendiri sebagai bentuk dari ekspresi seni dan bagaimana menilai sebuah karya seni tersebut berdasarkan dari sudut pandang kita, orang lain dan sang seniman yang menciptakannya. perlu pemahaman yang mendasar untuk mempelajari dan memahami proses penciptaan sebuah karya seni rupah yang indah.
setiap karya seni rupa mempunyai hubungan erat dengan setiap aspek kehidupan manusia yang sering kita lihat disekeliling kita sejak terciptannya kebudayaan manusia. nilai-nilai kebudayaan selalu terkait dengan perkembangan seni dan menjadi sebuah ciri khas dari mana nilai seni tersebut tercipta. manusia sebagai pencipta ( seniman ) maupun penikmat (apresian ) berbagai karya seni tersebutsama-sama memiliki kebutuhan, baik sifatnya rohani maupun jasmani, untuk memenuhi kepuasan akan rasa estetik. Banyak peninggalan karya seni rupa berupa benda-benda yang dibuat manusia sejak peradaban awal hingga kini menjadi sebuah literatur budaya yang tak ada habisnya.
sebua seni rupa dikatan indah apabila  pengamatan terhadap hasil karya seni rupa mengacu pada berbagai aspek pendukungnya , yaitu prinsip seni yang terdiri dari paduan :
1. HARMONI, adalah merupakan sebua gabungan transformasi ide, bahan, dan teknik yang berpedoman pada aturan- aturan ideal.
2. KONTRAS, adalah perbedaan yang mencolok pada sebuah pola/unsur terhadap pola disekitarnya yang memunculkan sebuah tanda.
3. IRAMA, adalah merupakan urutan pengulangan yang teratur dari unsur-unsur seni rupa, berupa garis, bentuk, bidang, warna, dan unsur lainnya.
4. GRADASI, adalah merupakan susunan pola dari suatu bentuk atau warna yang saling berjajar terbentuk dari warna/bentuk terkuat hingga terendah atau sebaliknya yang membentuk pola peralihan bertahap.

SENI RUPA adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah Garis, Bidang, Bentuk, Volume, Warna, Tekstur, dan Pencahayaan dengan ajuan estetika. Seni Rupa di bedakan menjadi 2 kategori yakni:
1. SENI RUPA MURNI
   Seni Rupa Murni adalah seni yang diciptakan hanya untuk kepuasan ekspredi pribadi. contoh, lukisan, patung,
2. SENI RUPA TERAPAN
Seni Rupa Terapan adalah seni yang diciptakan mengacu kepada desain dan estetika terhadap benda-benda yang digunakan manusia sehari-harinya. contoh Rumah, Cangkir, Asbak Rokok, Mobil, Motor, DLL



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar